Pelajaran Dari Ayat-Ayat Tentang Puasa

1305

📚  PELAJARAN DARI AYAT-AYAT TENTANG PUASA  🌙

•═══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═══════•

يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ ❅ أَيَّامًا مَعْدُوْدَاتٍ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيْضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهُ فِدْيَةُ طَعَامٌ مِسْكِيْنٌ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تـَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ َتــعْلَمُوْنَ ❅ شَهْرُ مَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتِ مِنَ الْهُدَى وَ الْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمْ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كاَنَ مَرِيْضًا أَوْ علَىَ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَياَّمٍ أُخَرَ يُرِيْدُ اللهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتــكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوْا اللهَ علَىَ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ❅

📖 “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa *(183)*. (Yaitu) Dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, Maka Itulah yang lebih baik baginya. dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu Mengetahui. *(184).* (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur”. *(185)*.

•┈◎❅❦ *QS al-Baqoroh : 183-185* ❦❅◎┈•

📖 *Faidah Ayat*

➡1. Umat Islam wajib berpuasa Ramadhan.
➡2. Puasa telah diwajibkan Allah kepada semua umat manusia sejak dahulu.
➡3. Seandainya puasa bukan merupakan ibadah yang agung dengan hikmah yang besar dan pahala yang berlipat ganda, niscaya Allah tidak akan mewajibkannya kepada semua umat manusia sejak dahulu.
➡4. Kewajiban bertakwa kepada Allah dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.
➡5. Puasa itu hari-harinya spesifik tertentu, namun tidaklah lebih dari tiga puluh hari.
➡6. Seandainya puasa bukan merupakan ibadah yang agung, hikmah yang besar dan pahala yang berlipat ganda, niscaya Allah tidak akan mewajibkannya kepada manusia sejak dahulu.
➡7. Kewajiban bertakwa kepada Allah dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi seala larangan-Nya.
➡8. Orang yang sakit dan musafir, diperbolehkan berbuka pada bulan Ramadhan dan wajib atas mereka menggantinya (qodho’).
➡9. Berpuasa bagi orang yang boleh berbuka adalah lebih utama, selama tidak memberatkan dirinya.
➡10.Tidak diwajibkan berturut-turut dalam mengqodho puasa Ramadhan, boleh secara terpisah-pisah. Dan yang demikian itu lebih memudahkan manusia.
➡11.Dahulu, ada pilihan antara berbuka di bulan ramadhan dan membayar fidyah atau berpuasa, kemudian hukumnya dimansukh (dihapus) dan berpuasa di bulan Ramadhan menjadi wajib hukumnya.
➡12.Keutamaan bulan Ramadhan dan keutamaan Al-Qur`an yang Alloh turunkan di dalamnya. Perlu diketahui bahwa yang namanya inzal (menurunkan Al-Qur`an) itu pastilah dari atas ke bawah, oleh karena itulah inzal ini menunjukkan atas ketinggian Alloh di atas arsy-Nya sebagaimana ditegaskan tentangnya dalam ayat-ayat dan hadits-hadits nabi yang shahih (autentik).

🌕 *Diantara keutamaan bulan Ramadhan*

🔖. Bulan diturunkannya Al-Qur’an
🔖. Bulan diwajibkannya berpuasa atas umat nabi Muhammad ﷺ

➡13.Bahwa Kesulitan menyebabkan datangnya kemudahan.Karena itu Allah membolehkan berbuka bagi orang yang sakit dan musafir.
➡14.Kemudahan dan kelapangan Islam , yang mana Isalm tidak membebani seseorang melainkan sesuai kemampuannya.
➡15.Wajibnya berpuasa atas mukallaf (orang yang mendapatkan beban kewajiban) yang mendapati bulan Ramadhan.
➡16.Syariat Alloh yang samhah (toleran/lapang) dan mudah, jauh dari kesukaran dan kesulitan.
➡17.Mengagungkan Alloh dengan bertakbir pada hari ‘ied dan ucapan syukur atas nikmat-nikmat Alloh.
➡18.Wajib bersyukur kepada Allah atas berbagai karunia dan taufik-Nya sehinggga bisa menjalankan ibadah puasa, sholat, membaca Al-Qur’an Al-Karim, dan lainnya, dengan merealisasikan ketaatan kepada-Nya, dan meninggalkan maksiat pada-Nya.

_____
✒ Penyusun Abu Syamil Humaidy حفظه الله تعالى

Artikel Asysyamil.com

•═══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═══════•
🌕◎❦ RISALAH RAMADHAN ❦◎🌕
🔄 Join Channel @RisalahRamadhan di Telegram https://goo.gl/elalbc
🔄 Join Channel @MuliaDenganSunnah
di Telegram : https://goo.gl/X2h0P7
📱 WA : 081381173870 Admin

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here